Sabtu, November 14, 2009

musium santet di surabaya

udah pernah denger yang namanya ilmu santet belom ????nah kebetulan banget . hari ini aku jalan-jalan ke musium santet yang ada di jalan indrapura no 17 surabaya, lumayan juga isinya.setidak nya kita bakalan lebih faham asal-usul santet dan segala tetek bengek tentang ilmu persantetan atau ilmu hitam.
kya telur busuk, benang, rambut ,paku atau yang lebih serem, misal nya boneka voodoo lengkap dengan mantra nya..wuih.dan konon benda-benda ini di diperoleh langsung dari dukun santet asli.
dan kalo ada yang pengen punya jodoh, di musium ini juga di ulas dengan jelas dan lengkap tentang asal-muasal ilmu pelet alias menggaet lawan jenis plus di tunjukin pula contoh benda yang biasa di gunakan.
nah klo kalian tertarik dengan segala hal yang berbau akupuntur, di musium yang resmi di buka sejak tahun 2004 ini , juga di kupas dengan betail tentang ilmu kesehatan warisan budaya yang satu ini.
yang menarik, musium yang di gagas oleh almarhum dr adhyatma ini juga memamerkan berbagai macam obat-obatan dan cara pengobatan traditional yang di pakai sejak tahun 1950, yang dikumpulin dari seluruh pelosok negeri.
menariknya di musium ini ilmu santet di kupas dengan cara ilmiah dan dihubungkan dengan dunia kedokteran saat ini , semacam penegasan, kalo akar dari pengobatan modern yang berkembang saat ini dulu nya berasal dari ilmu pengobatan traditional seperti santet ,misalnya .
pendek kata kalo kita masuk ke musium ini , kita akan banyak tau tentang bidaya bangsa terutama cara mereka melakukan pengobatan dan obat yang mereka yakini.
sebagai catatan, jangan ke musium ini malam hari, ya...selain udah tutup, di jamin suasana malam di musium ini tergolong nyeremin, apalagi dengan koleksi benda-benda gaib mereka ....
oh ya untuk masuk kemusium ini kita di pungut biaya 2500 , murah bukan ?? sayang tempat yang unik seperti musium santet ini tergolong sepi, pengunjung nya paling banter ,ya anak-anak ilmu kedokteran yang lagi ngerjain tugas.kalo saja promosi nya lebih gencar , yakin deh musium kesehatan budaya alias musium santet dijamin ramai....

sayang banget aku masih belum bisa upload foto nya ntar deh kalo udah bisa aku langsung upload ....

7 komentar:

Rinto mengatakan...

kalo pelet ga tertarik, aku maunya dicintai apa adanya.. hehe..
Oya intan, confirm me as friend di facebook ya? Trus silahkan jalan2 ke blog-ku juga..

Unknown mengatakan...

nice article

Rumah Ide dan Cerita mengatakan...

Unik juga ya tuh museum. Kalo model orang yang terkena santet dipajang gak? hehehe.....(becanda Tan).
O ya salam kenal ya.

Setiyo mengatakan...

kenalin juga yaw aku setiyo dari Jogjakarta. Lam hangat juga and happy Fun.....

Setiyo
http://setizone.co.cc

MR PING mengatakan...

Jadi pengen ngeliat musium santet, skalian belajar. hehehe

indra mengatakan...

apa bener santet bisa dihubungkan dengan kedokteran? menurut saya kok nggak masuk akal...

Unknown mengatakan...

wuiiih.. beraaat...
whahaha...
ntar tirakat disana ah..

udah bisa ilmu apa santet aja kk?

maaf3x bila dulu ada salah2 ya klo begitu.. ampun dah pokoknya..

pa kbr kk? :)

~isan